Senin, Januari 19, 2015

Air Terjun Sidoharjo (Amazing Waterfall)

Bagi kalian yang sedang memiliki waktu luang atau sedang libur kerja, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata ini, Air Terjun Sidoharjo. Tempatnya yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan inipun masih sangat alami. Bahkan kalian belum dikenai biaya masuk air terjun tersebut, hanya perlu membayar parkir di rumah warga sebesar 2000 bagi sepeda motor dan 5000 bagi kendaraan roda empat.

Lokasi
Terletak di Pedukuhan Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabutapen Kulon Progo, Yogyakarta.

Bermula dari melihat postingan teman di media sosial instagram, akupun mulai penasaran dan mencari cari air terjun ini di google. Tak disangka air terjun dengan ketinggian kurang lebih 75 meter ini berada di Kabupaten Kulon Progo tepatnya di Kecamatan Samigaluh. Bermodal camera dan petunjuk dari google pun aku bersama seorang teman mencoba menjelajahi Kulon Progo.

Aksesbilitas
Rute menuju air terjun sidoharjo ini tidak terlalu sulit. Kalian hanya membutuhkan sekitar 1,5 Jam jika dari Kota Jogja. Rute pertama yang harus diambil adalah jalan Godean, dari Jogja ambil arah ke barat melewati tugu Jogja lurus terus sampai bertemu Pasar Godean. Di perempatan Pasar Godean masih lurus ke barat sampai melewati jembatan kali progo (abaikan semua perempatan sampai bertemu jembatan kali progo). Setelah melewati jembatan kali progo kalian akan bertemu perempatan Nanggulan kemudian ambil kanan, ikuti saja jalanannya sampai bertemu perempatan Dekso yang ditandai dengan adanya Tugu Garuda kemudian ambil kiri. Ikuti saja terus jalannya, kalian akan menjumpai pasar Samigaluh dan masih lurus terus sampai bertemu plang bertuliskan MTs Sidoharjo di kanan jalan. Kemudian ambil kanan, jalanannya tidak selebar jalan utama dan sedikit menanjak. Lurus terus sampai bertemu bertigaan, ambil kanan ikuti arah menuju MTs Sidoharjo. Jika kalian sudah bertemu dengan MTs Sidoharjo kemudian ambil ke kiri, ikuti saja arahnya sampai bertemu dengan parkiran air terjun sidoharjo yang ada di depan rumah warga (atau sebaiknya bertanya jika bingung). Dari parkiran kalian membutuhkan waktu sekitar 15 menit berjalan kaki sampai menemukan air terjun tersebut. Selamat berjelajah guys!



Berikut ini adalah beberapa koleksi poto saya di air terjun sidoharjo!









Selamat berjelajah di Kulon Progo guys, nggak ada salahnya kan menjelajahi tempat yang dekat dekat dulu sebelum berjelajah di luar kota yang jauh.. hehehehhee, apalagi tempat yang masih belum banyak dikunjungi dan masih alami :)

Pesan
Tetap jaga dan cintai alam Indonesia ya guys, jangan membuang sampah dan meninggalkan sampah sembarangan ya.. Jadi pengunjung yang cerdas yah, jika bukan kita yang menjaga siapa lagi?




Salam Indonesia


_SunTea_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kawah Ijen, Baluran dan Bali "Never Ending Story"

7 Mei 2017           Kawah Ijen, Baluran dan Bali adalah perjalanan panjang yang tak pernah terlupakan dengan sejuta pengalaman. Bersa...